Sambutan Rektor

Puji syukur kita panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmatNyalah maka Buku Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Dhyana Pura (SPMI Undhira Bali) dapat dirampungkan. Buku SPMI ini memuat Kebijakan Undhira Bali tentang SPMI, 4 manual SPMI, Standar SPMI dan Formulir yang berhubungan dengan SPMI Undhira Bali.
Dengan adanya buku ini diharapkan dapat memberikan pegangan bagi semua komponen dan stakeholder untuk berjalan bersama dalam usaha menciptakan budaya mutu di Undhira Bali. Budaya mutu ini sangat penting dalam usaha lembaga untuk mampu bersaing di tingkat lokal, regional maupun internasional.
Budaya mutu penting karena adanya amanat dari Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pasal 24 ayat 2 disebutkan bahwa perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat. Dengan konteks ini maka perguruan tinggi harus menjamin mutunya.
Pasal 50 ayat(2) menggariskan bahwa Pemerintah menentukan Kebijakan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan nasional. Kemudian secara lebih tegas diamanatkan dalam PP. No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan struktur pengawasan horisontal. Pada pasal 91 ayat (1) disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan, sementara pasal 91 ayat (3) memberikan batasan bahwa penjaminan mutu pendidikan bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>