Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) Universitas Dhyana Pura mengadakan kegiatan Pelatihan Auditor Mutu Internal Universitas Dhyana Pura

Pada tanggal 12 – 13 Agustus tahun 2022 telah dilaksanakan kegiatan “Pelatihan Auditor Audit Mutu Internal Universitas Dhyana Pura” yang bekerjasama dengan Badan Penjaminan Mutu dari Universitas Kristen Petra (BPM UK Petra) sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Pelatihan diselenggarakan secara daring (online) melalui platform Zoom Meeting dan diikuti oleh 15 orang auditor internal yang dimiliki oleh Universitas Dhyana Pura.

Rektor Universitas Dhyana Pura,  Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., M.MA., MA., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya bagi tim dari UK Petra yang telah bersedia menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau berharap bahwa Kerjasama yang telah terjalin antara Undhira dan UK Petra, yang merupakan bagian dari BK-PTKI (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia) dapat terus berjalan dengan baik. Dr. I Gusti Bagus Rai Utama juga menyampaikan harapannya terhadap para peserta yang mengikuti pelatihan ini agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga dapat memperlengkapi diri sebagai auditor terkait dengan pelaksanaan audit mutu internal. Akhir dari sambutannya, Rektor Undhira membuka acara pelatihan auditor audit mutu internal secara resmi.

Narasumber pertama dalam pelatihan ini adalah Dr. Jenny Mochtar Djundjung, M.A. yang menjabat sebagai Kepala Badan Penjaminan Mutu UK Petra. Dr. Jenny Mochtar menyampaikan materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Pengertian AMI yang didalamnya mencakup struktur standar pendidikan tinggi (standar Dikti), penerapan standar dikti, sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi, sistem penjaminan mutu internal (SPMI) sebagai sistem penerapan standar dikti di PT. Lebih lanjut Dr. Jenny Mochtar menyampaikan bahwa pelatihan ini fokusnya adalah evaluasi pelaksanaan standar Dikti yang kemudian mengkerucut kepada audit mutu internal (AMI).

narasumber kedua, Ir. Emmy Hosea, M.Eng.Sc dari BPM UK Petra. Emmy Hosea menyampaikan materi mengenai perencanaan AMI, pelaksanaan AMI yang meliputi audit dokumen dan audit lapangan. Emmy Hosea juga menyampaikan mengenai hal-hal yang perlu dipahami dan dikuasai oleh seorang auditor dalam melakukan AMI. Selanjutnya, para peserta diberikan simulasi penggunaan sistem informasi dalam pelaksanaan audit mutu internal, yang menggunakan sistem informasi audit mutu internal dari UK Petra (e-AMITRA), yang dipandu oleh Ivan Widiyanto, S.Kom dari BPM UK Petra. Tidak hanya secara teori saja, namun para peserta baik auditor dan auditee diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi AMI yang dilakukan dalam breakout room, peserta dibagi ke dalam 5 kelompok auditor. Simulasi AMI dimulai dengan Audit Sistem (desk evaluation) dan pelatihan hari pertama diakhiri dengan presentasi hasi audit sistem (desk evaluation).