Undhira Menerima Kunjungan Dari Universitas Al-Azhar Mataram “Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Mewujudkan Universitas yang Teladan dan Unggulan”

Kunjungan SPMI Al Azhar Mtrm Bali  Post

Universitas Dhyana Pura pada hari Kamis, 22 Januari 2015 kembali menerima kunjungan tamu dari Universita Al-Azhar Mataram. Kunjungan ini merupakan salah satu bukti bahwa Universitas Dhyana Pura semakin dikenal oleh perguruan tinggi baik yang ada di Bali maupun luar Bali yang ingin berbagi ilmu serta pengalaman tentang Program Studi dan Program Pelatihan Pariwisata yang ada di Universitas Dhyana Pura. Terlebih lagi Undhira kini telah melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang telah dilaunching pada tanggal 18 Oktober 2014 dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan pendidikan yang berkualitas

Kunjungan ini diterima oleh Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ.,M.Repro, Wakil Rektor I, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,M.MA, MA, Wakil Rektor II, I Made Darmayasa, SE., MM,dan Jaya Pramono, S.Pd., M.Par selaku Direktur Direktorat Sistem Penjaminan Mutu Internal Undhira. Kunjungan Al_Azhar ini diwakili oleh Wakil Rektor I, Ir. Muh Ansyar, MP, Kepala Biro Akademik dan Umum, Arya Sosunan, SH.,MH, Kepala Badan Penjaminan Mutu Ir. Muhsin, M.Si beserta satu orang staf dari Badan Penjaminan Mutu, Irianto, SE., MM.

Dalam sambutannya Rektor menyatakan terimakasih dan penghargaan kepada pihak Universitas Al-Azhar atas dipilihnya Universitas Dhyana Pura sebagai salah satu tujuan sudi banding dan berbagi pengalaman khususnya dalam hal penyelenggaraan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Melalui kunjungan ini Universitas Dhyana Pura juga bisa belajar dan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman untuk semakin meningkatkan kwalitas pendidikan dan pelayanan di Universitas sehingga pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di dunia kerja. Kerjasama ini diharapkan akan berkesinambungan dan berkelanjutan juga dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dijelaskan Rektor bahwa di Undhira, kami mendidik mahasiswa dalam Hardskil dan Softkill. Hardskill di sini dimaksudkan adalah proses pembelajaran melalui pendidikan akademik dan softskil adalah melalui pendidikan karakter yang diselenggarakan setiap hari rabu. Undhira yang kini memiliki 13 progdi yang telah terakreditasi yaitu yaitu S1 Manajemen, S1, Sastra Inggris, S1 Psikologi, S1 PG Paud, S1 PG PKK, D3. Pemasaran, S1, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, S1 Fisioterapi, S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S1 Biologi, S1 Sistem Informasi, S1 Tehnik Informatika. Undhira juga memiliki Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) dengan program pelatihan 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun senantiasa berusaha untuk memberikan jaminan pendidikan terbaik bagi generasi penerus bangsa.

Dalam penjelasannya, Jaya Poramono, S.Pd., M.Par selaku Direktur Direktorat Sistem Penjaminan Mutu Internal Undhira menyatakan bahwa Undhira senantiasa ingin mewujudkan mutu pendidikan dan pelayanan yang terbaik dan dapat mempertanggungjawabkan mutu pendidikan yang berstandar dalam mencapai visi Undhira menjadi Univesritas teladan dan unggulan dengan tetap mengembangkan kepekaan dan kecerdasan sosial dan emosional. Kami berterimakasih bahwa Universitas Al –Azhar boleh melakukan studi banding di Undhira sehingga kita dapat saling melengkapi untuk kemajuan bersama.

Ir. Muh Ansyar, MP selaku Wakil rektor I Universitas Al-Azhar Mataram berterimakasih atas kesempatan untuk melakukan studi banding ini. Kami berharap bahwa kunjungan ini akan membuka wawasan kami dalam penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal universitas. Ada banyak hal yang boleh kami pelajari antara lain dalam hal penetapan standar, pelaksanaan dan evaluasi serta pengendalian dan peningkatan standar pada akhirnya. Perlunya ditanamkan kepada seluruh civitas akademika universitas untuk memiliki persepsi yang sama dalam mencapai harapan dari satu pendidikan tinggi yakni menghasilkan insan yang cerdas dan berdaya saing.

Undhira sendiri mulai bulan Pebruari 2015 telah membuka pnerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2015/2016 untuk 13 program studi yang ada dan juga untuk program pendidikan dan pelatihan pariwisata, program 1 – 3 tahun sampai dengan bulan Agustus 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>